Categories
Japan Learning pernak-pernik Side Story

Cara nambahin Contact Form di Halaman Produk Woocommerce

Jadi, saya menggunakan woocommerce untuk toko online. Dan dikombinasikan dengan contact form 7 agar visitor dapat berkirim pesan via email daripada beli di toko online yang dipunya. maklum, harga plugin ongkos kirim JNE mahal booo.. ga nyucuk budgetnya… 🙁

Jadilah nyari cara gimana caranya nambahin contact form tanpa harus ngedit satu-satu produknya. Kan capek juga kalo harus nambahin shortcode satu-satu di produk. meskipun bisa langsung via mysql, tapi agak males juga…

bagimana cara otomatisnya? biar dia bisa tampil apa adanya…

mungkin aku,, bukan pujangga, yang pandai merangkai kata…

ku kan slalu, …. (kemudian lupa liriknya)..

 

jadi, saya ngubek2 file yang ada di template dan plugin..

kemudian nemu filenya..

yaitu file bernama woocommerce/single-product/meta.php

kemudian saya hanya menambahkan shortcode

?php echo “

Untuk Pemesanan, silakan isi form di bawah. Kami akan segera mengontak anda.

“; ?>

karena saya nggak bisa pemograman, jadi ya ngawur…

hahaha..

Categories
Japan Learning pernak-pernik Side Story

Pancake : Yang Perlu Anda Tahu

Karena kemaren dulu cerita pancake di blog satunya, maka sekarang saatnya melanjutkan tulisan tentang pancake. Humm,, ane bukan ahli pancake sih, tapi sedikit ngerti mengenai pancake, setelah belajar dengan ahlinya. :p
Pertama yang kita ketahui, ada banyak jenis pancake di dunia ini. Gaya eropa, gaya asia, gaya amerika, semuanya berbeda. Bahkan dalam satu benua pun berbeda sekali. Makanya, dalam membuat pancake, tidak ada ragam yang baku. Semuanya mengikuti selera konsumen. Apakah ingin manis, atau gurih, semuanya tetap dapat disebut pancake.
Orang Indonesia lebih menyukai pancake yang berasa manis. Berbeda dengan orang Inggris yang lebih suka makan pancake dengan rasa yang plain, tanpa tambahan prmanis ato bahkan garam. Lain ladang, pain belalang. Lain daerah, lain juga lidahnya. Ini saya buktikan ketika beberapa orang dengan kebangsaan yang berbeda saya kumpulkan, dan mencicipi pancake dengan berbeda rasa.
Berpindah dari soal rasa. Pancake memiliki bentuk bundar. Hampir keseluruhan pancake yang dapat kita lihat di pasaran adalah berbentuk bundar seperti piring. Ukurannya tidak terlalu besar. Ukuran pancake yang pas untik sebuah pancake adalah sebesar telapak tangan pria dewasa. Ini juga sebagai baham pengujian, apakah dalam 1 scoop batter bisa membuat satu buah pancake berukuran telapak tangan atau tidak. Ukuran pancake dipengaruhi oleh banyaknya air pada adonan pancake. Adonan yang cair, akan membuat pancake lebih menyebar, tetapi skan membuat ketebalan pancake berkurang, dan sebaliknya.
Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah ada dan meratanya lubang-lubang di pancake. Lubang ini sebaiknya tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil. Fungsi lubang ini untuk menahan sirup yang akan dituangkan ke tas pancake. Lubang yang besar akan mampu menahan banyak sirup dan juga sebaliknya. Mana yang disukai? Tergantung pada rasa pancake dan toping yang akan ditambahkan. Besarnya lubang pancake ini bergantung pada jenis tepung dan banyaknya baking powder yang digunakan.
Bagaimana dengan warna pancake? Warna pancake sangat dipengaruhi oleh pemanggangan dan bahan-bahan yang ditambahkan. Warna pancake ini akan dibentuk ketika pancake dipanggang. Suhu dan waktu pemanggangan, serta jumlah gula yang digunakan memiliki peran yang besar dalam membentuk warna kuning kecoklatan.
Cara memanggang yang tepat, gunakan wajan teflon anti lengket yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Ini untuk mempersingkat waktu pemanggangan dan memberikan hasil yang seragam untuk semua pancake. Gunakan api kecil agar pancake tidak cepat gosong. Kapan membaliknya? Lihat bagian bawah pancake. Apakah sudah kuning kecoklatan dan bagian atas sudah terbentuk banyak lubang? Jika sudah, maka balik pancake tersebut.
Penyajian pancake sederhana sekali. Pancake dapat dikonsumsi langsung, dapat juga dengan dioleskan selai atau ditambahkan sirup maple. Pancake yan masih hangat, sangat nikmat rasanya.
Apakah membuat pancake itu mudah? Ya, mudah sekali. Semua orang bisa membuatnya. Pancake buatan sendiri akan lebih nikmat rasanya, bukan?